Ulama Harapan Imam Nawawi

Posted by rumah ruqyah on 2019-11-28



"Ulama Harapan Imam Nawawi" Siapakah Dia?

  Dahulu di Kota Damaskus ada beberapa tempat kesyirikan yang tidak bisa dibinasakan. Imam Abu Syamah Al-Maqdisiy dalam bukunya "Al-Ba'its" pernah berharap agar tempat-tempat kesyirikan di Damaskus ini diruntuhkan, namun beliau dan ulama lainnya di masa mereka tak punya kemampuan untuk itu.

  Pada era Imam Nawawi, beliau pun yang populer dengan kehebatan dan ketegasan amar makruf nahi mungkarnya terhadap penguasa tak bisa berbuat apa-apa selain berharap dan berdoa agar objek-objek kesyirikan tersebut dibinasakan.

  Suatu saat Imam Nawawi rahimahullah yang wafat di usia 40an itu berdoa: "Ya Allah, tegakkanlah agama-Mu dengan seorang laki-laki yang bisa meruntuhkan 'Amuud Mukhallaq (sejenis berhala batu besar yang diberikan wewangian, disembah atau disakralkan) dan menghancurkan kuburan Raja Jirun (yang dijadikan tempat kesyirikan)."

  Doa Imam Nawawi ini disebutkan oleh kakak Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, yang bernama Syarafuddin Abdullah Ibnu Taimiyah dan diabadikan dalam manuskrip buku Al-Kawakib Ad-Darari dan dinukil oleh Syaikh 'Uzair Syams dalam buku "Kumpulan Sirah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Selama 7 Abad."

  Doa Sang Imam ini terkabulkan setelah 28 tahun beliau wafat. Yaitu pada tahun 704 H. Dalam buku tersebut, juga dalam "Al-Bidayah wa An-Nihayah", Al-Hafizh Ibnu Katsir yang hidup saat itu mengisahkan bahwa yang sukses menghancurkan kedua tempat kesyirikan ini adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

  Kesuksesan beliau yang tidak bisa dilakukan oleh ulama-ulama besar lain di Kota Damaskus saat itu, membuat masyarakat semakin mencintai dirinya, tapi di sisi lain banyak ulama dan figur Kota Damaskus mendengki dan menghasadnya. Demikian kesaksian Ibnu Katsir rahimahullah.

  Dalam buku Al-Kawakib Ad-Daraari disebutkan, kakak Ibnu Taimiyah menegaskan bahwa doa Imam Nawawi di atas adalah sebuah karamah besar bagi Imam Nawawi. Adapun kita semua, maka menegaskan itu adalah karamah Imam Nawawi sekaligus karamah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

  Sungguh Allah Mahabesar. Menegakkan agama-Nya hanya dengan bisikan doa Sang Imam yang tak memiliki kekuatan, dan dengan kapak seorang Syaikhul Islam yang merupakan singa Allah di eranya. Rahimahumallah. Semoga Allah memasukkan kita semua bersama mereka berdua di surga-Nya. Aamiin.

Maulana La Eda


RRIAds - Bidara Ruqyah (Order via Tokopedia / KLIK GAMBAR) 


Previous
« Prev Post

Related Posts

November 28, 2019

0 comments:

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran