Pintu-Pintu Neraka

Posted by rumah ruqyah on 2019-10-25


Pintu-Pintu Neraka


  Seorang Mukmin harus meyakini bahwa Neraka adalah benar adanya. Ini bagian penting dari keimanan, utamanya iman kepada yang Ghoib. Di sanalah, tempat atau kesudahan bagi orang-orang yang Kafir kepada Allah. Di sana pula tempat segala macam Adzab diancamkan Allah untuk hamba-hambaNya yang durhaka kepadaNya.

  Neraka juga memiliki Pintu. Jumlah pintu Neraka ada tujuh. Hal itu dengan jelas bisa dilihat dalam Firman Allah, “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut Syetan) semuanya. Tiap-tiap Pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (QS. Al Hijr : 43-44)

  Seorang Ahli Tafsir yang sangat terkenal; Imam Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat tersebut di atas mengatakan: “Yakni telah ditetapkan bagi setiap Pintu dari tujuh itu bagian untuk orang-orang yang mengikuti Iblis, mereka memasukinya secara pasti. Semoga Allah melindungi kita darinya. Masing-masing masuk deri sebuah pintu sesuai dengan amalnya dan menetap di dalam Neraka sesuai amalnya.”

  Ibnu Katsir juga mengutip perkataan Imam Ali bin Abi Thalib; “Pintu-pintu Jahannam ada tujuh, sebagiannya berada di atas yang sebagian yang lain. Yang Pertama penuh lebih dulu, kemudian yang Kedua, kemudian yang Ketiga, hingga semuanya penuh.”

  Alangkah mengerikannya Neraka. Bahkan bila sekedar bicara pintunya. Pintu-pintu pun bahkan kelak akan dibuka secara mengerikan, ketika para penghuninya akan memasukinya. Hal itu bisa dirasakan dalam Firman Allah ketika menggambarkan perbedaan antara bagaimana Pintu Surga dibuka dan bagaimana Pintu Neraka dibuka.

  “Orang-orang Kafir dibawa ke Neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke Neraka itu, dibukalah Pintu-pintunya…” (QS. Az Zumar: 71)

  Artinya, ketika orang-orang Kafir itu mau masuk Neraka, seketika dibukalah pintunya begitu mereka telah sampai. Dan, mereka pun terlempar ke dalamnya!

  Sementara, ketika orang-orang Mukmin mau masuk Surga, ketika mereka menjelang masuk, Pintu itu sudah terbuka. Seakan mempersilahkan mereka dengan penuh hormat dan penuh kecintaan.

  Allah Berfirman: “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke dalamurga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke Surga itu sedang Pintu-pintunya telah terbuka…” (QS. Az Zumar : 73)

  Yang lebih mengerikan lagi, Pintu-pintu itu kelak akan ditutup rapat, manakala orang-orang Kafir telah memasukinya, sebagaimana diperingatkan Allah dalam FirmanNya: “Dan orang-orang yang Kafir kepada ayat-ayat Kami, mereka itulah golongan kiri. Mereka berada dalam Neraka yang ditutup rapat.” (QS. Al Balad : 19 – 20). Dalam penjelasan Ibnu Abbas, pintu itu tertutup artinya pintu itu dikunci.

  Sungguh mengerikan bila membayangkan Neraka. Karenanya, setiap Mukmin diperintahkan untuk tidak terlena selama hidup di dunia yang fana ini.

  Kepada Allah jualah kita memohon perlindungan dari Neraka, yang kengeriannya tak pernah terbayangkan oleh ukuran kengerian dunia.

Sumber : Majalah Ghoib Edisi 1 / 1423 | 2002 M

Previous
« Prev Post

Related Posts

October 25, 2019

0 comments:

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran