Suka Mimpi Buruk



Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Saya seorang siswi SMK yang mempunyai beberapa masalah yang ganjil. Sebelum saya tidur, saya selalu membaca surat pendek seperti al-Falaq dan an-Nas. Ketika saya sedang tidur, saya bermimpi buruk mengenai syetan. Saya merasa ada sesuatu yang mau masuk ke dalam tubuh saya, tetapi tubuh saya terus menolak. Pada saatseperti itu saya membaca asmaul husna dan ayat-ayat pendek di atas. Tubuh saya terasa sangat panas sehingga syetan itu tidak bisa masuk.
Selain itu sebagai orang yang normal, saya mempunyai rasa suka terhadap lawan jenis. Saya menyukainya karena dia menghormati wanita, ahlaknya baik, pendiam dan yang jelas dia juga rajin shalat. Aku mengenalnyo sejak masih di SD yang kebetulan satu desa. Setahu saya dia tidak pernah mendekati wanita, tiba-tiba dio mendekati saya. Yang saya heran dia bisa mengetahui apa yang saya pikirkan. Entah mengapa seolah-olah saya bisa berkomunikasi dengan batin tidak dengan lisan.
Tolong Bapak ustadz mau menjawab pertanyaan-pertanyaan saya ini:
1.  Apakah Saya diganggu jin?
2.  Do’a apa yang bisa menghilangkan gangguan itu , karena semua itu sangat mengganggu saya.
3.  Kenapa setiap itu terjadi, saya spontan menyebut Asma Allah padahal saya dalam keadaan tidur?
4.  Bagaimana dengan si cowok yang saya ceritakan di atas?
Wassalam
Sri Wahyuni, Jawa Tengah

Jawaban :
Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh
Mbak Sri Wahyuni yang selalu dalam perlindungan Allah. Syekh Wahid Abdus Salam Bali menyebutkan dalam bukunya Wiqoyatul lnsan minaI Jinni Wassyaithan tentang tanda-tanda orang yang mendapatkan gangguan jin. Dia membaginya dalam dua keadaan, yang pertama dalam keadaan terjaga dan yang kedua dalam keadaan tidur.

Dalam keadaan terjaga seperti kesurupan, malas beraktifitas maupun malas beribadah, tidak bisa konsentrasi, sakit pada bagian tertentu yang dinyatakan sehat oleh dokter setelah melakukan check up, pusing yang berkelanjutan yang bukan disebabkan sakit mata telinga, hidung, gigi, maupun lambung.

Dalam keadaan tidur seperti susah tidur, sering bangun di waktu malam, tindihan, melihat binatang-binatang buas, mimpi jatuh dari tempat yang tinggi, mimpi-mimpi yang menakutkan ...”. Jadi apa yang Anda alami ketika tidur itu adalah indikasi gangguan jin.

Mbak Sri Wahyuni yang berbahagia. Do’a dan amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. ketika akan tidur adalah:

1.  Berwudhu sebelum tidur. Al-Barra’ bin Azib berkara, “Rasulullah bersabda kepadaku, “ Apabila kamu mau tidur berwudhu’lah sebagaimana wudhumu ketika hendak shalat, kemudian berbaringlah diatas bagian tubuh yang kanan, lalu bacalah: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu. Aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu karena berharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.” Lalu Nabi bersabda, “Apabila kamu mati pada malam itu, maka kamu mati dalam fitrah (lslam). Dan jadikanlah dzikir itu sebagai yang terakhir kamu ucapkan.” (HR. Bukhari no. 247, Muslim no. 2710, Abu Daud no. 5045 dan at-Tirmidzi no. 3394)

2.  Setelah itu membaca ayat kursi 1 kali
Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang membacanya ketika mau tidur, maka ia senantiasa dijaga Allah dan setan tidak akan mendekatinya sampai subuh.” (HR. Bukhari).

3.  Menghimpun dua telapak tangan seraya membaca surat al-lkhlas, al-Falaq dan an-Nas, lalu meniupkannya. Kemudian diusapkan ke seluluh tubuh, mulai dari kepala, muka, badan bagian depan dan diulang seperti itu tiga kali. (HR. Bukhari dan Muslim).

4.  Membaca do’a tidur.
“Dengan Nama-Mu ya Allah aku mati dan aku hidup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mbak Sri Wahyuni yang dicintai Allah. Apa yang Anda lakukan dengan menyebut Asma Allah atau berdzikir ketika merasakan gangguan itu sudah tepat, karena dengan dzikir atau bacaan yang kita ulang-ulang itu gangguannya akan berkurang atau bahkan hilang. Kenapa Anda begitu reflek melakukannya? Karena Anda telah terbiasa dengan bacaan itu. Kapanpun Anda merasakan adanya gangguan, bibir Anda spontan membaca doa atau dzikir tersebut.

Jika Anda mengalami mimpi-mimpi buruk, maka lakukanlah hal-hal berikut:   
Pertama, meludah (simbolis) ke kiri (tiga kali). Kedua, mohon perlindungan kepada Allah SWT. dari godaan syetan dan dari keburukan mimpi (tiga kali).  
Ketiga, menggeser posisi tubuh seraya membaca: 
“Tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Rabb yang menguasai langit dan bumi serta apa yang di ada di antara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.” (HR.Hakim dan dishahihkan adz-Dzahabi).
Keempat. apabila telah melakukan tiga hal di atas, tapi mimpi buruknya masih bersambung, maka berwudhulah dan shalat dua rakaat. 
Kelima, tidak menceritakan mimpinya kepada orang lain.

Adapun cowok yang Anda ceritakan dan prilakunya yang aneh. Anda harus waspada. Tanyakanlah kepadanya, apakah ia telah belajar ‘ilmu’ tertentu sehingga bisa menebak dan membaca pikiran Anda. Tapi kalau dia mengaku tidak belajar ilmu khusus, maka sarankanlah agar ia menjalani terapi ruqyah syar’iyyah. Baik secara mandiri atau dengan bantuan peruqyah lain. Dan janganlah bermain api asmara, apa tidak takut terbakar? Kalau Anda belum siap untuk menikah, maka jauhilah dia. Karena lslam tidak memberikan toleransi bagi muda-mudi yang  menjalin ‘hubungan’ sebelum akad nikah. Konsentrasikan pikiran dalam menuntut ilmu dan perbanyaklah ibadah kepada Allah agar Anda tidak dikendali kan oleh nafsu.

Tapi kalau Anda sudah siap untuk menikah, dan cowok itupun sudah siap lahir bathinnya, maka janganlah memberi peluang bagi syetan untuk mempermainkan hidup Anda dalam kemaksiatan yang berkepanjangan. Nikah adalah solusinya. Wallahu a’lam bis Showab.


Ust. Akhmad Sadzali, Lc

Comments