Skip to main content

Mengapa Disunnahkan Mengibas Tempat Tidur?

Selasa, 14 Syawal 1437 H – 19 Juli 2016

 

  Anda mungkin pernah mendengar sunah Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam tentang perintah mengibas tempat tidur sebelum tidur? 

  Ternyata itu sebuah anjuran yang ada manfaatnya. Tidak ada sunah yang Beliau ajarkan, melainkan mengandung kemaslahatan bagi semua umatnya.

  Apakah anda pernah merasakan kegelisahan sebelum tidur atau merasa bahwa tempat tidur yang anda tempati gatal dan tidak nyaman? Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalaminya.

  Sahabat.. dalam ilmu Ruqyah, banyak gangguan jin dan sihir itu melalui gangguan tidur, seperti insomnia, gelisah, ketindihan (seperti ditimpa oleh tubuh besar, tidak bisa bergerak bahkan ada yang sampai tidak bisa bernafas) dan mimpi buruk.

   Hal itu bisa terjadi karena di atas tempat tidur kita itu mungkin saja ada syaitan dari kalangan jin yang numpang tidur atau istirahat di situ, sementara ketika kita datang dan langsung baring/tiduran yang bisa jadi mengganggu makhluk jin tersebut, sehingga mereka melakukan aksi pembalasan dengan mengganggu orang yang menindihnya. 

   Kalau kita nilai dari sisi ghaib, mata lahir kita ini memang tidak bisa melihat jin. Maka dari itu sebagai bentuk adab kita sebelum tidur, berhati - hati dengan gangguan ghaib yang tak tampak oleh kasat mata, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam menganjurkan kita untuk membersihkan tempat tidur dengan mengibasnya sambil berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

   Selain itu, dari aspek biologis, jika dilihat dengan mikroskop elektron anda akan melihat sesuatu yang mengerikan. Ribuan binatang mikroskopik bermukim disana, di dalam bantal, kasur, seprei bahkan selimut anda. 

   Serangga - serangga tersebut tidur dengan Anda setiap malam dan salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan mereka adalah dengan menjemur tempat tidur di bawah sinar matahari, karena sifat mereka sensitif terhadap cahaya dan matahari. 

  Meski itu cara terbaik Perlu diketahui bahwa cara tersebut tidak efektif mengusir serangga yang mengerikan tersebut. Serangga itu pun tidak akan mudah hilang meski anda mencucinya.

  Mengibas tiga kali tempat tidur anda, seperti yang disunnahkan Nabi sebelum Anda tidur itulah cara terefektif mengusir serangga ini, namun sayang sekali Sunnah ini banyak ditinggalkan oleh umat Muslim.

  Penjelasan ilmiahnya saat manusia tidur sel-sel tubuh manusia yang rontok dan jatuh di tempat tidurnya, dan ketika terbangun dari tidur, maka sisa-sisa yang ditemukan dalam sel-sel tempat tidurnya masih menempel dan ini menjadi makanan kutu tadi.

   Hari berikutnya saat orang tersebut tidur lagi maka jatuh lagi sel-sel ini dan sel-sel yang kemarin melakukan intervensi di tubuh manusia. Hal ini tentu saja menyebabkan penyakit.

   Para Ilmuwan barat mencoba memecahkan masalah ini dengan mencuci tempat tidur dengan bersih tetapi ternyata tidak berhasil.

   Mereka sudah menggunakan semua jenis deterjen tetapi sel-sel berkutu ini tidak bergerak. Namun salah seorang ilmuwan Barat berdiri dan mencoba mengusap bagian salah satu dari sel-sel ini dengan debu dari tangannya tiga kali dan Subhanallah.. ternyata sel-sel buruk yang mengandung kutu hilang.

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam Bersabda :

  “Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur maka mengibas tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya.” (HR. Bukhari 6320 dan Muslim 2714).

  Apa yang Rasulullah ajarkan kepada kita ternyata memberi manfaat yang luar biasa. Cara bermanfaat ini berguna untuk kebaikan tidur kita, jika diamalkan mendapat pahala sunnah dan Insya Allah akan menambah keberkahan hidup kita.
Hafiz

Comments

  1. Istri sedang sakit demam melihat suami seperti jin yang akan menyerangnya
    assalamualaikum WR.WB
    Nama saya Saifulloh (30) dan istri saya Dewi marini (25) Selasa pagi pukul 4:00 WIB sontak terjadi histeris dikamar ketika istri saya yang sedang sakit "demam" teriak "ayank ngapain" dengan kaget dan perasaan takut melihat saya, seketika itu pun saya yang sedang mengakali tasbeh (untuk berdzikir selesai sholat malam)karena terjepit di tiang ranjang berbunyi seperti cakaran kuku (terdengar istri). mendengar teriakan istri, saya pun kaget dan membentak istri dengan memukul kasur (refleks),istri pun langsung turun dari ranjang dan menjauh dari saya sambil melihat saya ketakutan, saya pun merasa sedikit tidak sadar seperti dikuasai mahluk jahat yang siap berlaku kasar kepada istri, saya berusaha melawan dan sedikit sadar berucap istigfar sayank (menyeru ke istri) dengan kondisi badan gemetar dan bulu kuduk berdiri, saya pun istigfar begitu pun istri mulai lah tenang dan saya dekati istri saya selalu istigfar, mulai tenang lah keadaan kami, namuun masih ada perasaan takut di diri kami, saya mencoba baca quran dan menelpon kedua orang tua agar kerumah menemani kami. pertanyaan saya apakah kejadian ini murni kelakuan Jin? dan bagaimana cara mengusirnya? mohon pencerahan ust. syukron
    wassalamualaikum WR.WB.

    ReplyDelete

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran

Popular posts from this blog

Kupu-Kupu Masuk Rumah, Benarkah akan datang Tamu?

Kupu-Kupu Masuk Rumah, Benarkah akan datang Tamu? Kamis, 25 April 2013 / 14 Jumadil Akhir 1434

    Katanya, bila ada kupu-kupu yang hinggap di pintu rumah berarti ada tamu yang segera datang. Entah malam ini, esok atau lusa. Kepercayaan yang berkembang di berbagai daerah. Tak tahulah. Entah kenapa kedatangan kupu-kupu menjadi sinyal kalau rumah itu akan didatangi tamu.

     Tidak jarang seorang ibu yang meyakini mitos ini segera berbenah, bila melihat kupu-kupu hinggap di pintu rumahnya. Mulai dari membersihkan rumah, hingga menyiapkan menu makanan yang sedikit istimewa.

    Maklum kedatangan kupu-kupu itu memberinya harapan untuk bertemu dengan seseorang yang barangkali sangat istimewa. Sang suami yang kebetulan bekerja juga sudah dipesan untuk segera pulang.

    Namun, ... gawat nih. Makanan sudah selesai dimasak, rumah juga selesai dibersihkan. Kamar pun telah disiapkan. Tinggal menyisakan rasa capek dan pegal di badan. Tapi ternyata tamu misterius yang ditunggu tak …

Mimpi Bertemu Ular, Jodoh Sudah Dekat?

Mimpi Bertemu Ular, Jodoh Sudah Dekat? Selasa 09 April 2013 / 28 Jumadil Awwal 1434 H

     Katanya, kalau saat tidur malam kita diusik oleh mimpi bertemu ular, berarti akan ada jodoh yang datang. Kalau ular itu menggigit atau melilit, berarti jodohnya sudah dekat. Sebentar lagi jodoh itu akan datang melamar. Asyik ya.

     Terus kalau dikejar, katanya kita lagi dikejar-kejar oleh jodoh kita yang entah dimana. Mungkin sebentar lagi dia juga akan menyatakan kesediaannya datang ke rumah dengan segala kesungguhannya untuk melamar. 

      Nah, kalau dalam mimpi kita ternyata mampu membunuh ular, aduh kita membunuh jodoh kita donk. Alias jodoh semakin menjauh dan mungkin orang yang sudah dilamar bisa dibatalkan atau jangan-jangan yang sudah menyebar undangan gagal menikah. Kasihan ya …

       Itu semua gara-gara ular yang hadir dalam mimpi kita di malam hari. Atau bahkan hadir dalam mimpi tidur siang kita. Tidak pernah disebutkan dalam buku-buku penafsir mimpi tentang asal mu…

Satu Bulan Lamanya Saya Dihantui Kematian

Satu Bulan Lamanya Saya Dihantui Kematian Selasa, 23 April 2013 / 12 Jumadil Akhir 1434 H


     Kematian adalah suatu kepastian. Seperti hukum matematika. Tak seorangpun dapat lepas dari suratan ini. Burung elang yang bebas berkelana menjelajah jagad raya suatu saat juga akan jatuh dan terkapar di atas tanah.

    Tak ubahnya seperti manusia. Bila demikian, haruskah seseorang takut kepada kematian sedemikian rupa hingga di luar batas kewajaran? Seperti kisah Silfi, seorang karyawan swasta asal Bangka Belitung. Ia menuturkan kisahnya kepada Majalah Ghoib di Jakarta. Berikut petikannya.

    Sekian tahun merantau, saya dapat menghirup udara Jakarta dengan nyaman, seperti layaknya gadis-gadis yang lain. Atribut jilbab yang menutupi kepala semakin menenangkan jiwa. Setidaknya saya bisa menghindari tatapan jalang lelaki hidung belang, yang dengan seenaknya memelototi wanita yang tidak menutup aurat.

     Kegamangan yang sempat menghantui, dulu sebelum berangkat ke Jakarta, sirna b…