15. Mungkinkah Ruqyah Dari Jarak Jauh?

15. Mungkinkah Ruqyah Dari Jarak Jauh?
 Selasa, 28 Muharram 1437 H - 10 November 2015


  Seharusnya ruqyah dilakukan dengan bertatap muka, atau berinteraksi langsung. Sebagaimana yang pernah dilakukan Rasululah saat meruqyah shahabatnya yang bernama Utsman bin Abil Ash. Ketika dia ditugaskan oleh Rasulullah di daerah Thaif, dia mengalami gangguan.

  Sewaktu shalat dia sering lupa jumlah rakaat yang telah dia kerjakan, lalu dia menemui Rasulullah dan menceritakan problemanya.

  Rasulullah Bersabda; "Itu adalah gangguan syetan, mendekatlah!" Saat dia mendekat dan duduk diatas kedua kakinya sendiri, Rasulullah memukul dadanya dengan tangannya serta meludahi mulutnya seraya membentak, "Keluarlah musuh Allah!"

   Beliau mengulanginya sampai tiga kali, kemudian bersabda, "Lanjutkan tugasmu!" Setelah itu Utsman berkata: "Demi Allah, sehabis itu saya tidak pernah terkena gangguan lagi." (HR. Ibnu Majah dan sanadnya shahih, perawinya juga terpercaya.) Hadits di atas menandaskan tidak adanya pengobatan jarak jauh.

  Kalau pengobatan jarak jauh itu ada, pasti Rasulullah akan mengajarkannya pada ummatnya. Dan Utsman bin Abil' Ash tidak perlu datang jauh-jauh dari Tha'if ke Madinah, yang jaraknya lebih dari 400 Km. Cukuplah baginya untuk memberitahu Rasulullah melalui orang lain atau mengirim surat.

  Dan ketika Utsman sampai di depan Rasulullah juga disuruh mendekat terlebih dahulu, sehingga tangan beliau yang mulia bisa menjangkau dadanya lalu memukulnya.

  Tidak seperti yang dilakukan oleh pengobat-pengobat yang berkedok Islam pada zaman sekarang atau dukun-dukun pada umumnya, yaitu dengan mengobati pasiennya dari jarak jauh atau dari jarak beberapa meter posisinya dari dirinya.


  Bahkan mereka melakukan pengobatan hanya bermodal data tanggal lahir atau foto si pasien saja, bahkan ada yang mengobati hanya bermodal benda-benda bekas yang pernah dikenakan pasien.

Ustadz Hasan Bishri Lc

Direktur Graha Ruqyah Syar'iyyah dan Bekam Majalah Ghoib

ooOOoo

Baca F & Q Ruqyah sebelumnya disini (Click aja)

Comments