cookieChoices = {};
Home » » Datang Saat Sedang Dibicarakan, Panjang Umur?

Datang Saat Sedang Dibicarakan, Panjang Umur?

Written By Rumah Ruqyah on 2015-09-30 | 1:53:00 PM

 Rabu, 16 Dzulqo'idah 1436 H - 30 September 2015

  Sepertinya, 'katanya' yang satu ini sudah merebak masyhur di antara kita hari ini. Apabila kita dengan orang yang ada di sekeliling kita sedang membicarakan teman, saudara atau orang lain, lantas orang yang baru saja kita obrolkan tadi tiba-tiba saja datang, maka biasanya kalimat spontan yang keluar dari mulut kita adalah, "Wah, kamu memang panjang umur!"

  Seringkali peristiwa semacam ini kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan uniknya lagi, ketika hal ini terjadi seakan-akan tidak ada yang janggal dari ungkapan di atas. Kita pun mendengarnya juga sangat biasa sekali. Tak terbetik sebuah pertanyaan kritis tentang kebenarannya.

   Memangnya, adakah keterkaitan antara dua hal tersebut, yaitu antara kedatangan seseorang saat dirinya sedang dibicarakan dengan jatah umurnya di dunia?

   Umur manusia adalah sebuah misteri yang tak satupun makhluk di dunia ini, entah itu manusia, jin bahkan malaikat yang mampu menyibaknya. Sebuah perkara yang memang hanya di tangan Allah Subhanahu Wa Ta'ala saja ilmunya.

عَنْ سَا لَمً بْنَ عَبْدَ اللّه ، عَنْ اَ بَيْهَ ، اَ نَّ رَ سُؤْ ْلَ

الّله صَلَّئ الّله عَليْهَ ؤَ سَلَّمَ قَا لَ : مَفَا تِحُ

الغَيْبِ خَمْسٌ لَا يَعْلَمُهَا ِأ لَّأ اللّه : ( اِنَّ اللّهَ

عِنْدَ ةُ عِلْمَ السَّا عَةِ وَ يُتر لُ الْغَيثَ ؤَ يَعْلَمُ مَا

فِي الا رْحَا مِِ ؤَ مَا تَدْ رِي نَفْسٌ مَا ذَ ا  تَكْسِبُ

غَدً ا ؤَ مَا تَدْ رِ يْ نَفْسٌ بِأَ يَّ أَرْ ضِ تَمُؤ تُ اِ نَّ

اللّه عَلِيمٌ خَبِيرٌ )

  Dari Salim bin Abdillah, dari bapaknya, bahwasanya Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda: "Kunci perihal ghaib itu ada lima, yang tak ada seorangpun yang tahu selain Allah; "Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang kiamat, dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim.

  Dan tidak ada seorangpun yang mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya esok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal." (HR. Bukhari, hadits nomor: 4627).

   Allah Maha Kuasa. Kalau memang datangnya seseorang di suatu tempat saat dirinya sedang dibicarakan oleh orang-orang yang ada di tempat itu merupakan salah satu asbab panjang usianya, maka itu bukanlah sesuatu yang mustahil jika memang dikehendaki oleh Allah.

  Namun untuk mengambil kesimpulan seperti ini tentunya harus didukung dengan dalil yang kuat dari al Qur'an maupun as Sunnah. Tidak bisa serta merta kita simpulkan sendiri dengan nafsu begitu saja.

   Apabila ungkapan di atas disampaikan kepada seseorang dengan niat untuk mendoakannya agar umurnya panjang, maka itu tidak masalah. Tapi jika disampaikan dengan penuh keyakinan bahwa kedatangannya di saat dirinya sedang dibicarakan adalah sebab panjang umurnya, maka yang seperti ini tidak boleh. Yang seperti ini baru masuk dalam kategori, 'cuma katanya'.

  Akidah adalah sesuatu paling mahal yang kita miliki. Bersihkan selalu jika ada debu-debu 'katanya' yang menempel padanya. Waspadalah! Waspadalah! Jangan biarkan debu-debu katanya mengotori akidah kita!.

Majalah Ghoib Dalam Kenangan

Majalah Al Iman bil Ghoib Edisi 109 Th. 4/2 Sya'ban 1429 H/4 Agustus 2008 M, Hal 57


Share this article :

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran

 
Support : Public Relation Rumah Ruqyah Indonesia
Copyright © 2011. Rumah Ruqyah Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger