Ruqyah Bisa Untuk Penyakit Fisik?

Ruqyah untuk Penyakit Fisik


Apakah ruqyah bisa membantu proses penyembuhan penyakit fisik?

(Yusuf, Balikpapan Kalimantan Timur)

Bismillah Walhamdulillah, termasuk pemahaman yang salah kaprah dalam masyarakat kita seputar ruqyah adalah ruqyah [hanya, edt] khusus untuk menerapi penyakit non fisik. Padahal sebenarnya tidak begitu.

Karena Rasulullah juga menggunakan ruqyah untuk menerapi penyakit fisik. Karena segala jenis penyakit -fisik atau non fisik- yang bisa menyembuhkan hanyalah Allah. Dengan ruqyah, kita memohon kepada Allah agar memberikan kesembuhan atas penyakit yang kita derita.

Ali bin Abi Thalib berkata; "Ketika Rasulullah shalat, ada seekor kalajengking yang menyengatnya. Sehabis shalat beliau berkata, "Semoga Allah melaknat kalajengking, yang tidak membiarkan orang yang lagi shalat atau lainnya. Lalu beliau mengambil air yang dicampur dengan garam. Kemudian diusapkan ke bagian yang sakit sambil membaca surat al Kafirun, surat al Falaq dan surat an Nas." (HR. Ath Thabrani dan dishahihkan oleh al Albani).

Sedangkan ruqyah itu bacaan dari Al Qur'an dan al Hadits. dan Allah telah berfirman: "Dan kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi kesembuhan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman..." (QS. al Isra': 82).

Jadi ruqyah itu ikhtiar untuk mencari kesembuhan bagi penyakit fisik atau non fisik. Wallahu a'lam.

Ustadz Hasan Bishri Lc 

Majalah Ghoib Edisi 31 Th 2/29 Dzulqo’dah 1425 H/10 Januari 2005 M, Hal 18

Comments