Bawang Putih Pengusir Hantu ?

Bawang Putih Pengusir Hantu ? 


  KATANYA, hantu atau arwah gentayangan takut pada sebuah bumbu dapur yang dikenal dengan nama bawang putih. Selain berfungsi sebagai penyedap masakan bawang putih juga diyakini sebagian orang memiliki daya magic yang mampu mengusir kekuatan negative yang ditimbulkan oleh gangguan makhluk halus.

  Keyakinan ini merebak luas di tengah masyarakat. Dan terekam dalam berbagai situasi dan kondisi. Tahun 2004, saat ‘Momok’ kolor ijo menghantui warga Bekasi, tidak sedikit dari warga yang menggunakan jasa bawang putih untuk menangkal kedatangan si kolor ijo.

  Sosok lelaki berpakaian celana kolor bewarna hijau yang suka menjahili wanita. Bawang putih disandingkan dengan bambu kuning. September 2005, salah satu stasiun televisi swasta terjebak ‘tuah’ bawang putih.

    Dalam sebuah acara yang mengambil tema drakula yang konon suka meminum darah, digambarkan bahwa si drakula tidak takut kepada manusia. Ia lebih takut kepada yang namanya bawang putih.

    Karena itu, para pemain yang takut di hisap darahnya oleh drakula, yang dicitrakan, berpakaian hitam-hitam itu mengenakan kalung. Bukan kalung berlian atau emas yang berharga malah, tapi untaian bawang putih yang dirajut dengan tali menggelantung di leher mereka.

      Lain lagi cerita ibu yang sedang hamil. Untuk menghindari gangguan dari makhlus halus terhadap diri dan janinnya, maka sebagian ibu hamil ada yang memanfaatkan jasa bawang putih. Ya, dengan meletakannya dibawah tempat tidur misalnya.

      Ini hanya sebagian dari sekian banyak mitos seputar bawang putih yang berkembang di masyarakat. Padahal secara syar’i tidak di temukan dalil yang menyebutkan bahwa Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam menggunakan bawang putih untuk melemahkan gangguan syetan.

       Hal ini berbeda dengan tujuh buah kurma, air zam-zam, daun bidara, maupun habbatussauda atau yang lebih dikenal dengan jintan hitam. Untuk membentengi rumah dari gangguan jin, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam menganjurkan umatnya untuk membaca surat al-Baqarah.

      Karena dengan itu syetan akan lari dari rumah. Bukan dengan memasang bambu kuning atau bawang putih di atas pintu atau lubang-lubang angin.

    “..Bacalah surat al-Baqarah, karena sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang didalamnya di bacakan surat al-Baqarah.” 

      Begitulah Rasulullah menganjurkan tips mengusir gangguan syetan dari rumah. Bagi seorang ibu yang sedang hamil, syari’at Islam memberikan tips tersendiri agar ia dan janin yang dikandungnya mendapat perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari gangguan syetan.

      Contohlah apa yang dilakukan orang tua Maryam yang selalu meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk Maryam dan keturunannya.

      “Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku memohon perlindungan untuknya serta anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari syaitan yang terkutuk.” (Q.S Ali Imran :36)

     Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam juga selalu membaca do’a untuk kedua cucunya. “Saya meminta perlindungan untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang sempurna dari setiap syetan dan binatang beracun dan setiap pandangan mata yang berbahaya.” (H.R Abu Dawud)

     Dengan demikian, penggunaan bawang putih untuk mengusir syetan atau menghindari gangguannya, bukan bagian dari syariat Islam. Waspadalah! Dan jangan kotori aqidah dengan debu ‘Katanya’

 Ghoib Edisi 51 Th. 3/31 Ramadhan 1426 H/17 Oktober 2005 M

Comments

  1. Makasih infonya..
    Baru tahu info seperti ini. Menarik juga :)
    Kunjungan balik ke web Box Makanan

    ReplyDelete
  2. Orang tua saya sudah saya kasih tau tapi ibu saya malah ngotot ngomong yg ga enak dihti .. Terkadang saya bingung saya mrasa tinggal seorang diri dirumah karna sering dimarahi soal saya mnyalahkan adanya mitos sperti itu Astaghfirullahal adzim

    ReplyDelete
  3. Ada 1 lagi ibu saya bilang bawang putih bisa mngusir ular .. Kebetulan baru saja ular masuk dapur.. Saya mengeluh karna setiap ruangan ditaburi bawah putih yg baunya menyengat

    ReplyDelete
  4. Saya selalu bertengkar dengan ibu saya karena hal ini. Ibu saya termasuk yang mempercayai mitos dan petuah2 nenek moyang dan saya selalu terang2an membangkang akan hal tsb. Saya tidak percaya dengan mitos2 seperti itu karena tidak sesuai dengan syariat. Selama saya hamil,alhamdulillah tidak sekalipun saya mengikuti anjuran dari siapa pun untuk membawa bawang putih,menghindari pantangan hamil atau pun membawa benda2 tajam yang dipercaya menangkal gangguan makhlus halus. Saya yakin kepada Allah,Dia yang melindungi saya dan janin. Semoga ibu saya secepatnya mendapat hidayah dari Allah SWT

    ReplyDelete
  5. kl untuk mengusir ular gunakan garam laut mb dian rose, garam yang gede2 itu
    karena kan ular jalan pake sisik ya, jd ntar garam2 itu bakal masuk ke sisiknya, bikin perih katanya, makanya ularnya jadi kabur

    #belum nyari juga sih bener apa engga, tapi penjelasannya lebih masuk akal

    ReplyDelete
  6. I think your blog is very exceptional and thank you for your blog
    sanadomino

    ReplyDelete

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran