cookieChoices = {};
Home » » Biodata Iblis ke 4; Sarang Iblis

Biodata Iblis ke 4; Sarang Iblis

Written By Rumah Ruqyah on 2014-04-14 | 4:27:00 PM

Sarang Iblis

    Toilet telah menjadi tempat favorit Iblis dan setan di bumi. Tapi untuk melancarkan misinya dan menancapkan cengkramannya pada diri anak manusia, Iblis atau syetan mempunyai sarang khusus dalam diri manusia. Tempat yang ia jadikan sarang khusus dalam diri manusia adalah hati. 

  Ya, hati manusia. Karena hati merupakan organ tubuh yang paling strategis dan vital. Ia adalah pusat kendali organ-organ tubuh manusia lainnya.

   "Ketahuilah bahwa dalam tubuh ini ada segumpal daging. Apabila segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh jasad.  Tapi bila segumpal daging itu buruk, maka buruklah seluruh jasad. Ketahuilah segumpal daging itu adalah hati." (HR. Bukhari, no 50 dan Muslim, no. 2996). 

    Begitulah Rasulullah memberitahukan urgensi hati pada diri manusia, keberadaannya sangat berpengaruh pada organ-organ tubuh lainnya. Saat memberikan tafsir surat an-Nas, Imam Ibnu Katsir menukil perkataan Ibnu Abbas, "Syetan itu mendekam dalam hati manusia, apabila ia lalai maka ia akan melakukan gangguan (was-was), tapi bila ia berdzikir maka syetan itu akan hengkang." (Kitab Tafsir Ibnu Katsir: 4/576). 

    Orang yang hatinya telah dikuasai Iblis, maka ucapan dan tingkah akunya mencerminkan watak dan sifat Iblis. Suka menentang perintah Allah SWT dan mengingkari kebenaran yang datang dari Allah SWT. Saat ia melakukan suatu dosa, ia tidak merasa bahwa itu suatu dosa, bahkan ia malah menyangka  bahwa itu adalah suatu ibadah yang mengandung pahala. 

   Akal yang diberikan Allah SWT kepadanya dijadikan sebagai alat untuk berkelit dan mengotak-atik kebenaran yang ada, lalu mengkaburkannya dan mengajak orang lain mengingkarinya. Ia tidak takut untuk berbuat dosa besar, apalagi dosa kecil 

   "Dan apabila mereka melakukan perbuatan keji, mereka berkata, 'Kami mendapatkan nenek moyang kami mengerjakan yang demikian itu, dan Allah menyuruh kami mengerjakannya'. Katakanlah, 'Sesungguhnya Allah tidak menyuruh (mengerjakan) perbuatan yang keji. Mengapa kamu mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?' "Katakanlah, 'Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan'.Dan (katakanlah): 'Luruskanlah muka (diri) mu di setiap shalat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan  ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah) kamu akan kembali kepadaNya)'. Sebahagian diberi-Nya petunjuk dan sebahagian lagi telah pasti kesesatan bagi mereka. Sesungguhnya mereka menjadikan syetan-syetan pelindung (mereka) selain Allah, dan mereka mengira bahwa mereka mendapat petunjuk." (QS. Al-A'raf: 28-30). 

   Bagaimana kronologi Iblis dan syetan bisa bersarang di hati manusia? Jawabannya adalah melalui peredaran darah, begitulah Rasulullah menjelaskan. "Sesungguhnya syetan masuk dalam diri manusia melalui peredaran darah." (HR. Bukhari dan Muslim). 

    Dalam kitabnya, Imam Abdurrauf al Manawi berkata; "Hadits di atas bisa mengandung arti kiasan atau beneran. Arti kiasannya, bahwa syetan itu mampu menguasai manusia dan menyesatkannya dengan sempurna seperti sempurnanya aliran darah dalam diri manusia. 

    Arti benerannya, jin itu makhluk halus yang bisa mengalir dalam diri manusia mengikuti aliran darahnya.  Jin tercipta dari api yang sangat panas dan manusia tercipta dari tanah kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk (QS. Al-Hijr: 26). 

    Dalam tanah kering (shalshal) terkandung unsur api, dalam unsur syetan bisa mengalir ke tubuh manusia melalui peredaran darahnya." (Kitab Faidhul Qadir: 2/358). 

Dikutip ulang dari akun Twitter Rumah Ruqyah Indonesia (@RumahRuqyahID)

Majalah Al-Iman bil Ghoib Edisi 94 Th 4 | 20 Dzuqa'dah 1428 H | 30 November 2007 M
Share this article :

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran

 
Support : Public Relation Rumah Ruqyah Indonesia
Copyright © 2011. Rumah Ruqyah Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger