3. Tempat Favorit Iblis


   Singgasana Iblis di lautan. Selain itu, dia dan bala tentaranya (syetan-syetan jin) punya tempat favorit di bumi, yaitu toilet. Toilet atau yang sering disebut sebagai kamar kecil ternyata menjadi tempat yang paling disukai syetan. Baik itu toilet pada zaman dahulu atau toilet pada zaman sekarang.

   Toilet yang ada di rumah kita, di masjid, di terminal atau toilet yang ada di hotel-hotel berbintang. Semua itu menjadi tempat mangkal syetan. Zaid bin Arqam berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya tempat buang kotoran (Toilet) suka ditempati syetan. Maka dari itu, apabila salah seorang dari kalian memasukinya, hendaklah membaca:" 'A'uudzu billaahi minal khubuutsi wal khobaaits' (Aku berlindung kepada Allah dari (kejahatan) syetan laki-laki dan syetan perempuan"."(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Syekh al-Albani).

  Dewasa ini banyak kita jumpai pembangunan toilet (WC) menjadi satu dengan kamar mandi, karena dirasa lebih efisien dan praktis. Meskipun kita tidak buang air besar, tetapi saat masuk ke kamar mandi yang ada toilet di dalamnya, maka kita disunnahkan untuk membaca do'a seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah di atas.

  Lafazh do'a masuk toilet juga terdapat dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Di samping membaca do'a Isti'adzah sebagaimana disebutkan dalam teks hadits di atas. Dalam riwayat lain (HR. Ibnu Syaiban dan disahihkan Syekh al-Albani), Rasulullah juga memerintahkan kita untuk mendahuluinya dengan membaca Basmalah.

  Bacaan tersebut kita baca saat membuka pintu atau hendak memasuki toilet, bukan di dalamnya. Karena dengan baca Basmalah, tidak hanya mengingatkan kita kepada Allah SWT. Tapi juga bisa menutup dan menghalangi aurat kita dari pandangan liar mata jin. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW dalam haditsnya.

  Ali bin Abi Thalib juga berkata, Rasulullah SAW Bersabda;"Sebagai penutup aurat anak Adam (manusia) dari pandangan mata jin, ketika memasuki WC atau Toilet hendaklah ia membaca Bismillah".(HR.Tirmidzi dan dishahihkan Syekh al-Albani).