Menyembuhkan Parkinson dengan Herba

Menyembuhkan Parkinson dengan Herba



Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

   Dokter, ibu saya usia 75 tahun terkena penyakit parkinson (tangan bergetar terus), sudah berobat ke dokter dan mendapatkan obat. Alhamdulillah, getaran mulai berkurang. Namun, efek sampingnya ingatan beliau untuk peristiwa yang baru terjadi selalu lupa, tapi untuk peristiwa dua hari lain masih diingatnya.

Beliau ingin beralih ke herbal, tapi tidak man minum kapsul. Mohon jawaban dan penjelasan dokter.

Aisha

Bogor, Jawa Barat

Jawab:

Wa'alaikumsalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

  Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan kesembuhan untuk penyakit yang diderita ibu Anda. Sedikit perlu saya jelaskan, parkinson adalah gangguan pada saraf yang ada di otak.

  Jauh di dalam otak ada sebuah daerah yang disebut ganglia basalis. Jika otak memerintahkan suatu aktivitas (misalnya mengangkat lengan), maka sel-sel saraf di dalam ganglia basalis akan membantu menghaluskan gerakan tersebut dan mengatur perubahan sikap tubuh.

  Ganglia basalis mengolah sinyal dan mengantarkan pesan ke talamus, yang akan menyampaikan informasi yang telah diolah kembali ke korteks otak besar.

  Keseluruhan sinyal tersebut diantarkan oleh bahan kimia neurotransmiter sebagai impuls listrik sepanjang jalur saraf dan di antara saraf-saraf. Neuro-transmiter yang utama pada ganglia basalis adalah dopamin.

  Pada penyakit parkinson, sel-sel saraf pada ganglia basalis mengalami kemunduran sehingga pembentukan dopamin berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya juga lebih sedikit.

  Penyebab dari kemunduran sel saraf dan berkurangnya dopamin terkadang tidak diketahui. Penyakt ini cenderung diturunkan, walau terkadang faktor genetik tidak memegang peran utama.

  Kadang penyebabnya diketahui. Pada beberapa kasus, parkinson merupakan komplikasi dari ense-falitis karena virus (suatu infeksi yang menyebabkan peradangan otak).

  Pada banyak penderita, mulanya parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Tremor akan berkurang jika tangan digerakkan secara sengaja dan menghilang selama tidur.

  Stres emosional atau kelelahan bisa memperberat tremor. Pada awalnya tremor terjadi pada satu tangan, akhirnya akan mengenai tangan lainnya, lengan dan tungkai. Tremor juga akan mengenai rahang, lidah, kening dan kelopak mata.

  Pada sepertiga penderita, tremor bukan merupakan gejala awal; pada penderita lainnya tremor semakin berkurang sejalan dengan berkembangnya penyakit dan sisanya tidak pernah mengalami tremor.

  Untuk penggunaan herba, ada beberapa yang bisa dikonsumsi untuk menguatkan kembali fungsi otak tersebut antara lain:

  1. Madu 
  2. Minyak Zaitun
  3. Pegagan 
  4. Sarang semut 
  5. Coklat bubuk asli 
  6. Secang
   Keenam herba ini, insya Allah dapat berfungsi menguatkan kembali kerja otak agar bisa lebih baik lagi. Bagian-bagian tubuh bisa juga dibaluri dengan minyak zaitun, karena minyak ini merupakan minyak dari pohon yang diberkahi.

  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat suka membasahi rambut dan badan beliau dengan minyak zaitun.

Semoga Allah memberi kesembuhan. *

dr Zaidul Akbar

Praktisi dan Konsultan Thibbun Nabawi dan Herba

Suara Hidayatullah | April 2012 / Jumadil Awal 1433, Hal 62

*** 

RRI-Ads. Bagi yang di Jakarta dan sekitarnya, bisa mencoba terapi ruqyah dan bekam plus herbal untuk penyakit Parkinson di Rumah Ruqyah Indonesia

Info lebih lanjut, hubungi kami di: Jl Raya Bogor No 56 RT 004 RW 015, Cililitan, (Sebrang, Ramayana samping Rumah Gadang). Jakarta Timur.

Telepon : 021 - 808 72602 / 085105035459


Comments