Permusuhan Setan Kepada Manusia

Permusuhan Setan Kepada Manusia

Siapakah Setan itu?

Setan dalam percakapan arab adalah : Setiap yang membangkang dari jin, manusia, hewan dan segala sesuatu (Ibnu Jarir At Thabari)

Lihat Al Qur’an surat Al An ‘am : 112

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نِبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإِنسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا وَلَوْ شَاء رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

  “Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia) [499]. Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS. Al An'am (6) : 112)

[499] Maksudnya syaitan-syaitan jenis jin dan manusia berupaya menipu manusia agar tidak beriman kepada Nabi.

  Umar bin Khatab pernah naik unta yang bengal, dipukullah ia, tambahlah bengal, lalu beliau turun dan berkata : “Kalian tidak menaikkanku kecuali diatas setan, aku tidak turun darinya kecualai (karena) jiwaku menolak”. (Lisanul Arab/1/202)

Kapan Mulai Permusuhan?

   Allah ciptakan malaikat dari cahaya, jin dari api. Awalnya mereka sama-sama taat kepada Allah, saat malaikat diperintah untuk sujud kepada Adam ada diantara jin itu yang menolak.

    Disebut Iblis dalam riwayat nama aslinya : Azaziil, ia percaya Allah sebagai : Pencipta, Menghidupkan dan mematikan. Namun kepercayaannya itu tidak bermanfaat. Ilmu yang tidak diamalkan.

Ustadz Achmad Junaedi Lc

Comments