Skip to main content

Mimpi Bertemu Ular, Jodoh Sudah Dekat?

Mimpi Bertemu Ular, Jodoh Sudah Dekat?
Selasa 09 April 2013 / 28 Jumadil Awwal 1434 H

     Katanya, kalau saat tidur malam kita diusik oleh mimpi bertemu ular, berarti akan ada jodoh yang datang. Kalau ular itu menggigit atau melilit, berarti jodohnya sudah dekat. Sebentar lagi jodoh itu akan datang melamar. Asyik ya.

     Terus kalau dikejar, katanya kita lagi dikejar-kejar oleh jodoh kita yang entah dimana. Mungkin sebentar lagi dia juga akan menyatakan kesediaannya datang ke rumah dengan segala kesungguhannya untuk melamar. 

      Nah, kalau dalam mimpi kita ternyata mampu membunuh ular, aduh kita membunuh jodoh kita donk. Alias jodoh semakin menjauh dan mungkin orang yang sudah dilamar bisa dibatalkan atau jangan-jangan yang sudah menyebar undangan gagal menikah. Kasihan ya …

       Itu semua gara-gara ular yang hadir dalam mimpi kita di malam hari. Atau bahkan hadir dalam mimpi tidur siang kita. Tidak pernah disebutkan dalam buku-buku penafsir mimpi tentang asal muasal kepercayaan ini. Yang ada katanya, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah atau berdasarkan kisah turun temurun dari mulut ke mulut.

      Mengapa ular dijadikan simbol jodoh. Bahkan sebagian orang tidak saja meyakininya dalam mimpi. Tetapi sebagian lagi mereka menggunakan gelang bahar bermodel ular yang melingkar. Tentu itu semua tidak terlepas dari kepercayaan dan keyakinan dibaliknya.

     Jawaban mengapa, tidak terjawab kecuali bahwa itu semua adalah cerita dari negeri antah berantah. Tidak lebih dari itu. Padahal dalam Islam ular justru merupakan simbol syetan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Nabi. Ular hitam adalah syetan. Dan mimpi jelek, seperti dikejar ular adalah merupakan usaha syetan untuk menakut-nakuti kita.

      Ular juga binatang yang dianjurkan untuk dibunuh dalam Islam. Artinya binatang ini sangat berbahaya. Bukan rahasia lagi kalau ular itu berbisa. Bahkan bisanya bisa membunuh. Sangat berbahaya. Untuk itulah Islam menggolongkan ular sebagai binatang yang layak diburu untuk dibunuh.

      Nah, terus keganasan ular ini kok tiba-tiba berubah menajdi simbol jodoh. Kita tidak pernah tahu apa hubungan antara ular yang ganas itu dengan pasangan hidup yang menentramkan hati.

      Sementara penafsiran mimpi tidak mungkin dilakukan oleh siapapun. Nabi SAW. hanya memberikan garis besar dari mimpi, “Mimpi baik dari Allah, sedangkan mimpi buruk dari syetan. Jika kalian mimpi jelek maka berlindunglah kepada Allah.”

     Sedangkan untuk menafsirkannya, tidak sembarang orang diberikan kelebihan ini oleh Allah. Awalnya kelebihan menterjemahkan mimpi adalah mukjizat. Nabi Yusuf as adalah Nabi yang dikenal memiliki mukjizat ini. Seperti dijelaskan dalam kisah Nabi Yusuf dalam surat Yusuf.

    Sekarang kenabian telah selesai. Tidak ada lagi Nabi setelah Rasulullah SAW. maka kelebihan penafsiran mimpi tentunya hanya hanya untuk orang-orang shaleh yang diberi kelebihan oleh Allah. Tidak semua orang shaleh pasti. Kelebihan itulah yang dinamakan dengan karomah.

      Karomah ini tidak mungkin dipelajari. Tidak pula bisa dimunculkan oleh orang shaleh sesuai dengan keinginannya. Tetapi tergantung, apakah Allah berkenan memberikan karomah tersebut saat itu. Maka ular dalam mimpi sama dengan jodoh adalah penafsiran yang tidak berdasarkan dalil. Dan susah untuk dilogiskan.

       Penafsiran mimpi ini adalah karomah. Artinya ini adalah hal ghoib yang tidak mungkin ada campur tangan otak manusia di dalamnya. Hanya dalil al-Qur’an dan Sunnah saja yang diijinkan untuk dimainkan di sini. Dan tidak pernah ada satu dalil pun yang mengatakan bahwa ular = jodoh.

       Maka, tetaplah berhati-hati dengan segala yang sumbernya adalah katanya. Karena bukan hanya menyesatkan, tetapi bisa menyeret kita kepada kemusyrikan dan kemaksiatan. Waspadalah …

Comments

  1. tapi q kan masih SMA, masa iya jodohnya udah deket, pacar aja gak ada :(

    ReplyDelete
  2. Iyah klo udah deket enak klo yg lain ngeri jg hiii

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. @Yessi Mei Sandi Itulah kenapa dikatakan Mitos. Tidak bisa dijadikan patokan kebenarannya.

    ReplyDelete
  5. Kalo mimpi dikasih ular artinya apa ya?

    ReplyDelete
  6. Saya sudah menikah tp mimpi ular trs hihihi

    ReplyDelete
  7. Iya ya.
    Semuanya kita kembalikan saja kepada Allah SWT.
    Yang Lebih Berkuasa .. ^^

    ReplyDelete
  8. Maka mimpi mengejar ulah datangya dr setan donk...!!!!

    ReplyDelete
  9. alhamdulilla berarti aku membunuh syetan malam ini

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Tadi malam saya bermimpi bertemu ular yg sangat sangat besar, seperti seekor monster dan kulitnya berwarna warni, ular itu mencoba memakan seorang anak kecil, lalu menyerang saya dan teman" ku, seorang teman saya terluka terkena gigitannya, setelah kami rawat tiba" ular itu menyerang saya lg, dan kulawan hingga akhirnya ia berubah menjadi wanita, setelah itu saya langsung terbangun

    Hanya kepada-Mu hamba berlindung Ya Allah

    ReplyDelete
  13. Mimpi mengusir ular besar,
    tapi habis itu malah nyari2 si ular besar itu.
    artinya apa ya

    ReplyDelete
  14. baru aja semalem, aku mimpi ular gede banget warna hitam. terus aku jalan lagi nemu ular lagi, pokoknya semalem aku mimpi ular banyak. padahal, sebelum tidur di kamar di setel kaset ruqyah. artinya apa :( emang akhir2 ini aku ngerasa diikutin sama "hal" seperti itu :'(

    ReplyDelete
  15. Saya kok mimpi dipandangin ma ular kecil berwarna hitam dengan garis putih jarang2 yaa.. apa itu juga setan? Atau jodoh? Kan aku masih sma :(

    ReplyDelete
  16. Beliau memberi ilmu/rezeqi kpd SIAPAPUN yg dikehendaki TANPA hisab, dengan atau tanpa perantara. Memang semua bergantung pdNya, tp Beliau lbh menekankan utk tawakkal dan ikhtiar utk mngubah taqdir. Trmasuk dlm hal ini karomah dan takwil mimpi.

    ReplyDelete
  17. Kemarin siang saya mimpi dikejar ular putih kecil, dan saya jomblo 26 tahun, hehe.. makasih artikelnya, Min.. tafsirnya saya serahkan pada Allah.. semoga Dia melindungi kita dari Syaithan.. dan memberikan jatah rizki dan jodoh yang kita harapkan.. dan usahakan.. 😊

    ReplyDelete
  18. Mimpi di kejar ular, ularnya pertama jinak ga mau keluar dr rumah. Trus mimpi mantan. Untung saya baca ini jadi tidak langsung percaya ada orang yg rindu saya -_-

    ReplyDelete
  19. Mau tanya kalaun mimpi liat ular banyak di sawah tapi udah pada mati apa ya artinya

    ReplyDelete
  20. @Evi YuliantiApakah itu buruk atau baik untuk ukhti? Jika buruk cukup abaikan karena mimpi buruk itu dari syetan dan tidak perlu dikhawatirkan. Wallahu'alam

    ReplyDelete
  21. klo dari pengalaman, ular itu pertanda kena sihir. Dulu sering mimpi ular gede, eh.. disaat bersamaan, ada y deketin, bahkan hampir aja mo nikah. Alhamdulillah... gak jadi. terakhir, baru nyadar .. ternyata y deketin itu, punya ilmu hitam.

    ReplyDelete
  22. Kalo mimpi di kawal 3 ular besar warna merah apa artinya hayoo

    ReplyDelete
  23. Tadi malem aku bermimpi melihat banyak ular, lalu aku bunuh semua dan kelalanya tak potong semua...

    Artinya apa yaa ??
    Semoga aja baik buat kehidupann

    ReplyDelete
  24. bener banget... orang gue mimpi ular dah puluhan kali dengan ular berbeda... masak jodohku ada banyak ? tapi juga belum nikah2 juga.. hmm..

    ReplyDelete
  25. Sering mimpi dikejar, digigit, dilihat ular tapi ga ada apa2. Gausa percaya begituan.

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum wr.wb
    saya mimpi melihat ular yg banyak, ularnya kecil2,, berbagai jenis,, tapi ularnya tidak menggigit saya,,ularnya hanya ingin mendekati saya,,, saya usir ular yang satunya yang lainnya malah masuk kerumah dari pintu sebelah,, saya usir lagi tetap seperti itu,, saya pada kenyataannya takut dengan ular,, tpi dimimpi itu saya tidak lari dari ularnya,, saya hanya memberanikan diri mengusir ular2 tersebut. semoga artimya positif.
    wassalam.

    ReplyDelete
  27. Subhanallah,terima kasih telah mengingatkan saya sebagai kaum muslimin untuk terhindar dari kemusyrikan. Memang benar adanya bahwa tidak ada dalil tentang tafsir mimpi. Ini semua karna kaum muslimin di Indonesia lebih terfokuskan pada budaya "katanya sih". Yang sebenarnya adalah nenek moyang kita lebih banyak yang menganut paham hindu-buddha versi islam. Semoga banyak blog-blog bermaanfaat seperti ini untuk saling mengingatkan bahwa akhirat jauh lebih indah dibanding mimpi. Matur suwun:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap saya setuju dengan pendapatnya,. yang jelas mimpi itu bunga mimpi, jika bermimpi baik bersukurlah, jika bermimpi kurang baik istigfar lah, memohon perlindungan kepada alloh,. sesungguhnya masalah mimpi hanyalah allah yang maha tau,.

      Delete
  28. klu hanya mimpi melihat aja ular yg di pegang orang lain itu apa maknax

    ReplyDelete
  29. semalam baru aja mimpi ular entahh dia mau gigit atau ngejarrr aku nya lariiiii ketakutan

    ReplyDelete
  30. entah lh jodoh menjauh/mendekat hmmmmm.....

    ReplyDelete
  31. Klo ular yg miimpiin aku apa artinya yah,,, heehee

    ReplyDelete
  32. Mimpi ular warna oranye menyala...lari kelabakan...tp.kalah cpet ma ularnya...kukira berbhya n gigit...trnyta tdak smasekali...nurut mlahan... Huallohualam bishowab....

    ReplyDelete
  33. berdasarkan pengalaman q, q dlu mngkin ad 3x mimpi bertemu ular,ad yg digigit,trz dililit bhkn ular masuk ke mulut,,di kehidupan sehari2 du ps stlh mimpi,sering bgd ketemu ular,ad ular yg msuk rmh,ad yg ularnya msuk mtor aq,ad yg ularnya didpn rmh q,nempel dipohon mksdnya,bhkan liat ular dijaln lgi nyebrang berkli2,wktu itu memang ada cwok dket sm aq,,trz niatnya mw melamar,,tpi aq ragu dan aq tolak,,, itu kejadiannya udah hampir 2th yg lalu,, nah saat ini aq hari2nya sering liat ular mati dijalan,, q gak tau pertanda apa?!,,sbenernya aq percyaga percaya si,,, tpi gau tau dech,,
    ga per

    ReplyDelete
  34. Q malah ga pernah mimpi ktmu ular.xixixi

    ReplyDelete
  35. Kalo mimpi ular, tembak angka 32 bro, hehe siapa tau rezeki xD

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum..
    Saya yang kapan hari bermimpi ular, nah saya mau pergi kesini ketemu ular , mau pergi kesana ketemu ular, saya bingung apa arti mimpi itu

    Dimohon bantuannya

    ReplyDelete
  37. @randy ardiansyah

    Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    Sudah pernah diruqyah? Coba dicheck dengan ruqyah syar'iyyah. Kalo tinggal di Jakarta, bisa datang ke kantor kami.

    ReplyDelete
  38. Semuanya hanya Allah yg mengetahui :)

    ReplyDelete
  39. Subhanallah... Ass wr.wb. rumah ruqyah.
    tadi mlm pd tgl, 18-08-2016 sy mimpi, sprti di temani/dilingkari ular besar di bagian atas tubuh sy. Setelah itu berbarengan sy bangun, sprtinya ular itu jalan ke arah bawah spring bed. dan dalam kondisi setengah sadar krn baru bangun, sprtinya sy melihat gerakan ekor terakhirnya yg berwarna putih kecoklatan. Itu arti nya apa yah, admin..? Tolong pencerahan nya! Thank's b4...

    ReplyDelete
  40. @Ali Gunawan Sering kah mimpi seperti ini? Konsultasi lebih lanjut silahkan via WA (0812-821-712-04)

    ReplyDelete
  41. Assalamu alaikum saya sering bermimpi ular .. sya pernah bermimpi melihat ular besar bgt di teras kamar saya .. sya juga pernah mimpi ular kecil banyak ada dikamar sya dan adik sya membunuhnya.. dan mlm ini sya mimpi melihat ular piton besar tidur di kasur bersama adik sya .. sya mohon penjelasannya terimakasih

    ReplyDelete
  42. @rini hardiantiWa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    Sudah pernah dicheck dengan Ruqyah Syar'iyyah. Jika di Jakarta, silahkan datang ke kantor kami.

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum. Saya baru kali ini bermimpi ular, dan dalam mimpi saya, saya memelihara ular. Namun, beberapa saat kemudian, saya membuang ular itu. Mungkin bisa sedikit dijelasakan. Saya cuma penasaran, meskipun akhirnya kita kembalikan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  44. @Rahmat Hidayat

    Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    Jika tidak mempengaruhi kehidupan nyata, itu hanya mimpi buruk semata. Wallahu'alam

    ReplyDelete
  45. Saya bermimpi ular tak berkepala masuk melalui mulut saya, warnanya hitam, dan hampir membuat saya berhenti bernafas, lalu saya ucapkan lailahaillallah dlm hati, ular tak berkepala iu keluar dan mati, dan masih pada waktu mimpi yg sama ular itu masuk lagi dan saya melihat ibu saya blg tolonglah saya, krna saya sudah mati suri selama 47menit (saya tidak tau kenapa sekelumit ini mimpinya) , saya sudah hidup lagi, tolong jagakan anak saya, begitu yg ibu sy blg di mimpi saya. Padahal sblm tidur saya sdh baca doa dan baca ayat kursi jg, smoga tidak mimpi buruk lagi..aamiin

    ReplyDelete
  46. td malam sy mimpi di datengin ular mau makan sy. sy ke ruang tamu ulernya ikut, sy ke kamar ulerny ikut jg. intinya ngikutin sy trus mau di mkan. hiii serem deh. artinya apa ya kira kira...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdi malam saya mimpi lagi main hp tau2 dri ruang tamu muncul ular kobra hitam saya berusaha lari tapi saya terpeleset terus akhirnya saya lempar barang2 apa saja ke arah ular itu. Yang anehnya ular itu hanya menatap saya dan berdiam tapi saya terus mencoba lari apa sih artinya mimpi itu? Mohon jawabannya

      Delete

Post a Comment

Postingan antum akan tampil setelah diseleksi dan layak tampil. Jazakumullah Khairan Katsiran

Popular posts from this blog

Kupu-Kupu Masuk Rumah, Benarkah akan datang Tamu?

Kupu-Kupu Masuk Rumah, Benarkah akan datang Tamu? Kamis, 25 April 2013 / 14 Jumadil Akhir 1434

    Katanya, bila ada kupu-kupu yang hinggap di pintu rumah berarti ada tamu yang segera datang. Entah malam ini, esok atau lusa. Kepercayaan yang berkembang di berbagai daerah. Tak tahulah. Entah kenapa kedatangan kupu-kupu menjadi sinyal kalau rumah itu akan didatangi tamu.

     Tidak jarang seorang ibu yang meyakini mitos ini segera berbenah, bila melihat kupu-kupu hinggap di pintu rumahnya. Mulai dari membersihkan rumah, hingga menyiapkan menu makanan yang sedikit istimewa.

    Maklum kedatangan kupu-kupu itu memberinya harapan untuk bertemu dengan seseorang yang barangkali sangat istimewa. Sang suami yang kebetulan bekerja juga sudah dipesan untuk segera pulang.

    Namun, ... gawat nih. Makanan sudah selesai dimasak, rumah juga selesai dibersihkan. Kamar pun telah disiapkan. Tinggal menyisakan rasa capek dan pegal di badan. Tapi ternyata tamu misterius yang ditunggu tak …

Satu Bulan Lamanya Saya Dihantui Kematian

Satu Bulan Lamanya Saya Dihantui Kematian Selasa, 23 April 2013 / 12 Jumadil Akhir 1434 H


     Kematian adalah suatu kepastian. Seperti hukum matematika. Tak seorangpun dapat lepas dari suratan ini. Burung elang yang bebas berkelana menjelajah jagad raya suatu saat juga akan jatuh dan terkapar di atas tanah.

    Tak ubahnya seperti manusia. Bila demikian, haruskah seseorang takut kepada kematian sedemikian rupa hingga di luar batas kewajaran? Seperti kisah Silfi, seorang karyawan swasta asal Bangka Belitung. Ia menuturkan kisahnya kepada Majalah Ghoib di Jakarta. Berikut petikannya.

    Sekian tahun merantau, saya dapat menghirup udara Jakarta dengan nyaman, seperti layaknya gadis-gadis yang lain. Atribut jilbab yang menutupi kepala semakin menenangkan jiwa. Setidaknya saya bisa menghindari tatapan jalang lelaki hidung belang, yang dengan seenaknya memelototi wanita yang tidak menutup aurat.

     Kegamangan yang sempat menghantui, dulu sebelum berangkat ke Jakarta, sirna b…