Herbal Untuk Cacingan

Herbal Untuk Cacingan
Rabu, 13 Maret 2013 / 1 Jumadil Awwal 1434 H



Pertanyaan:

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
   
Dokter saya mau tanya apa  efek anak cacingan? Apakah menyebabkan lumpuh? Atau bahkan kematian?Dan apa obat herbalnya?

Terima kasih.

Dari:

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.
 
    Efek cacingan pada anak cukup beragam tergantung jenis cacingnya, namun yang paling sering adalah gangguan pencernaan dan penyerapan sari makanan, sehingga penyerapan nutrisi anak terganggu, begitu juga pertumbuhannya. Tubuh anak menjadi kerdil, kecerdasannya pun dapat turut terpengaruh akibat suplai zat gizi yang kurang.
   
    Cacing jenis tertentu juga menghisap darah sedikit demi sedikit dari dinding saluran cerna, menyebabkan anemia yang jika tidak ditangani dapat menjadi anemia berat dan akibatnya gangguan jantung.
   
 Kecacingan berat juga dapat menyebabkan kehilangan protein terus-menerus sehingga tubuh anak mengalami pembengkakan akibat kekurangan protein. Penurunan berat badan, nyeri perut, retardasi pertumbuhan, diare kronis, dan mual dan muntah juga merupakan dampak dari kecacingan.
 
    Beberapa herbal yang memiliki efek membunuh parasit seperti cacing pada saluran cerna adalah bawang putih, baik segar maupun ekstraknya; cengkeh, baik cengkeh segar maupun minyak esensialnya; biji labu; jus buah cranberry; begitu pula buah-buahan segar seperti nanas dan pepaya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


dr. Hafid N

(Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah | Obat Herbal Untuk Cacingan

Comments